SHOLAT

22 05 2008

Apa sich sholat itu?

Pastinya temen – temen sudah tau toh,,,,,,, Tapi gak tau kan ngapa sih kita mesti sholat?

Shalat itu sama artinya dengan menghadapkan hati kepada Allah melalui perbuatan maupun perkataan yang berdasarkan atas syarat-syarat dan rukun tertentu, yang dimulai dengan “takbir” dan diakhiri dengan “salam”.

Nah,,, dari sini pasti sudah ada gambaran bahwa solat itu merupakan bentuk ibadah kita kepada Allah

 Adapun  Sabda Nabi Muhammad SAW.:
“ Shalat itu adalah sendi agama, barang siapa mengerjakanya berarti ia telah menegakkan tiang agama. Dan barang siapa meninggalkan berarti ia telah merobohkan agama”.

 

Gimana!!! sholat itu penting kan selain salah satu bentuk ibadah sholat juga tiang agama, ”sok atuh” jangan ditinggalkan. Tapi jangan hanya mengerjakan sholat, marilah kita dirikan… kalau Cuma mengerjakan sholat orang – orang kafir juga bisa, terus selain itu kan dalam Al- Qur’an kan juga di jelaskan kalau sholat itu mencegah perbuatan keji dan mungkar. Nah, disini nich tantanganya!! sudah belom kita terhindar dari perbuatan yang keji dan mungkar? itu tuh yang perlu di tanyakan bagaiman sholat kita, sudah benar kah? sudah sah kah? sudar diterimakah untuk itu ane mau ngajak temen – temen tuk menjelajah kedunia sholat.

Oke untuk yang pertama kita bahas syarat – syarat sah sholat,,, kita bahas bareng – bareng yuk….!
       Syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan shalat dapat dikelompokkan menjadi 2 (dua) macam yaitu :

  • Syarat-syarat wajib shalat yaitu syarat-syarat diwajibkannya seseorang mengerjakan shalat. Jadi jika seseorang tidak memenuhi syarat-syarat itu tidak diwajibkan mengerjakan shalat. yaitu :
    1. Islam, Orang yang tidak Islam tidak wajib mengerjakan shalat.
    2. Suci dari Haidl dan Nifas, Perempuan yang sedang Haidl (datang bulan)atau baru melahirkan tidak wajib mengerjakan shalat.
    3. Berakal Sehat, Orang yang tidak berakal sehat seperti orang gila,orang yang mabuk, dan Pingsan tidak wajib mengerjakan shalat, sbagaimana sabda Rasulullah :
      “Ada tiga golongan manusia yang telah diangkat pena darinya (tidak diberi beban syari’at) yaitu; orang yang tidur sampai dia terjaga, anak kecil sampai dia baligh dan orang yang gila sampai dia sembuh.”
      (HR. Abu Daud dan lainnya, hadits shahih)
    4. Baliqh (Dewasa), Orang yang belum baliqh tidak wajib mengerjakan shalat. Tanda-tanda orang yang sudah baliqh :
      Sudah berumur 10 tahun. sebagaimana sabda Rasulullah
      “Perintahkanlah anak-anak untuk melaksanakan shalat apabila telah berumur tujuh tahun, dan apabila dia telah berumur sepuluh tahun, maka pukullah dia kalau tidak melaksanakannya.” (HR. Abu Daud dan lainnya, hadits shahih)

 

  • Syarat-syarat sah Shalat 
           Yaitu yang harus dipenuhi apabila seseorang hendak melakukan shalat. Apabila salah satu syarat tidak dipenuhi maka tidak sah shalatnya. Syarat-syarat tersebut ialah :
  1. Masuk waktu shalat Shalat tidak wajib dilaksanakan terkecuali apabila sudah masuk waktunya, dan tidak sah hukumnya shalat yang dilaksanakan sebelum masuk waktunya, seperti dalam Al Qur’an :
    “Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang diten-tukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (An-Nisa’: 103)

Gini lo,,,, maksudnya, shalat itu mempunyai waktu tertentu. Dan malaikat Jibril  pun pernah turun, untuk mengajari Nabi shallallaahu alaihi wasallam tentang waktu-waktu shalat. Jibril  mengimaminya di awal waktu dan di akhir waktu, kemudian ia berkata kepada Nabi shallallaahu alaihi wasallam: “Di antara keduanya itu adalah waktu shalat.”

 

2.  Suci dari hadats besar dan hadats kecil.
Hadats kecil ialah tidak dalam keadaan berwudhu dan hadats besar adalah belum mandi dari junub, seperti dalam Al Qur’an :

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai siku, dan sapulah kepalamu dan (basuhlah) kakimu sampai kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah.” (Al-Maidah: 6)

Sabda Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam : 
“Allah tidak akan menerima shalat yang tanpa disertai bersuci”. (HR. Muslim)

Suci badan, pakaian dan tempat shalat dari najis,
Adapun dalil tentang suci badan adalah sabda Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam terhadap perempuan yang keluar darah istihadhah :
“Basuhlah darah yang ada pada badanmu kemudian laksanakanlah shalat.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Adapun dalil tentang harusnya suci pakaian, yaitu firman Allah Subhanahu wa Ta’ala :
“Dan pakaianmu, maka hendaklah kamu sucikan.” (Al-Muddatstsir: 4)

Adapun dalil tentang keharusan sucinya tempat shalat yaitu hadits Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata :
“Telah berdiri seorang laki-laki dusun kemudian dia kencing di masjid Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam , sehingga orang-orang ramai berdiri untuk memukulinya, maka bersabdalah Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam, ‘Biarkanlah dia dan tuangkanlah di tempat kencingnya itu satu timba air, sesungguhnya kamu diutus dengan membawa kemudahan dan tidak diutus dengan membawa kesulitan.” (HR. Al-Bukhari).

 

3.  Menutup aurat,  Aurat harus ditutup rapat-rapat dengan sesuatu yang dapat menghalangi terlihatnya warna kulit.
“Wahai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah setiap kali berada ditempat sujud .” (Al-A’raf: 31)
Nah,,, disini nich yang biasanya salah tanggap, yang dimaksud dengan pakaian yang indah, bukan pakaian yang mahal, yang lagi tren, ato yang lain deh, tapi pkaina yang bisa menutup aurat, sedangkan tempat sujud adalah tempat shalat. Para ulama sepakat bahwa menutup aurat adalah merupakan syarat sahnya shalat, dan barangsiapa shalat tanpa menutup aurat, sedangkan ia mampu untuk menutupinya, maka shalatnya tidak sah.

 

4.  Menghadap kiblat, Orang yang mengerjakan shalat wajib menghadap kiblat yaitu menghadap ke arah Masjidil Charam. Hal ini berdasarkan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala.
“Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkanmu ke kiblat yang kamu sukai, Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja kamu berada, maka palingkanlah mukamu ke arahnya.”
(Al-Baqarah: 144)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: